Selasa, 11 Desember 2012

Gelombang

Diposting oleh Unknown di 06.56

A.      PENGETIAN GELOMBANG

Gelombang adalah suatu getaran merambat yang membawa energi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Medium gelombang dapat berupa zat padat, cair dan gas. Sedangkan getaran adalah gerak bolak-balik secara periodik melalui titik keseimbangan. Titik keseimbangan didefinisikan dengan sebagai posisi saaat gaya pada benda sama dengan nol. Satu getaran adalah gerak pulang pergi.

B.       JENIS-JENIS GELOMBANG

1.    Berdasarkan arah getarannya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua, yakni:

Gelombang transversal,

 yaitu gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Ciri-ciri gelombang transversal ditandai dengan adanya bukit dan lembah gelombang. Panjang satu gelombang  terdiri dari satu bukit dan satu lembah gelombang atau jarak antara puncak–puncak gelombang yang berdekatan, dapat juga jarak antara dasar-dasar gelombang yang berdekatan. Pada gelombang transversal yang merambat adalah bentuk bukit atau bentuk lembah. Perambatan ini terjadi pada zat yang elastis. Oleh karena itu, gelombang transversal hanya terjadi pada zat padat. Misalnya gelombang tali dan gelombang air.

  
         gambar 1. gelombang transversal


Gelombang longitudinal, 

yaitu gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya. Ciri-ciri gelombang longitudinal ditandai adanya rapatan dan renggangan gelombang. Rapatan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling mendekat, sedangkan regangan merupakan daerah di mana kumparan pegas saling menjahui. Panjang satu gelombang  terdiri atas panjang satu rapatan dan satu renggangan. Gelombang longitudinal dapat merambat pada semua wujud zat (padat, cair, atau gas).


            gambar 2. gelombang longittudinal

0 komentar:

Posting Komentar

 

Diyah's Blog Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez